Minggu, 01 Juli 2012

Ciri-ciri orang yang tercerahkan




1.      Ada perasaan bahagia yang mendalam yang bisa dirasakan tanpa harus melakukan apa-apa atau pergi  kemana-mana.

2.      Terasa kehangatan, kenyamanan, ketenangan, dan keringanan jika kita berada di dekat orang tersebut.

3.      Mereka tidak pernah khawatir akan masa depan. Mereka tidak pernah berkata, “Bagaimana nanti kalau begini, bagaimana nanti kalau begitu?” Tidak ada over-anticipation (terlalu antisipasi ini-itu). Mereka tahu bahwa semua sudah ada jalannya.

4.      Mereka tidak pernah mengeluh yang berlebihan. Kalau sakit mereka ke dokter atau minum obat. Kalau lelah mereka tidur.

5.      Mereka berpikir dan bertindak sederhana. Berkata-kata yang sederhana, dan berjalan di muka bumi dengan sederhana.

6.      Mereka tidak pernah mempunyai niat terselubung. Niat mereka selalu jelas dan tidak pernah membawa keburukan bagi orang lain.

7.      Mereka mempunyai kemampuan untuk membahagiakan diri sendiri. If you don’t love yourself, you can’t give love to anybody else. 

8.      Mereka tidak pernah membanding-bandingkan dirinya sendiri dengan orang lain atau dengan dirinya sendiri di masa lalu. This is now, I am here. Nothing else matter.

“Agar dapat menjadi benar-benar bahagia, satu-satunya hal yang diperlukan adalah untuk menahan diri dari membandingkan momen ini dengan momen di masa lalu, yang seringkali juga kurang saya nikmati, karena saya sibuk membandingkannya dengan sebuah momen di masa depan.” (Andre Gide).

9.      Mereka selalu berbuat yang bermanfaat, walaupun hanya hal kecil.

10.  Mereka selalu bertanggung jawab penuh atas kehidupannya. Mereka tidak pernah menyalahkan orang lain atau lingkungan atas apa yang terjadi dalam kehidupannya.


Sumber: Pencerahan Total, oleh Pasha Agoes : seorang penulis, konsultan, dan pelatih (State University of New York at Buffalo, USA)


*Baca juga tentang Apa yang memakanmu, kawan!





Gambar diambil disini




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar